MANAJEMEN STRATEGI PERUSAHAAN
Disusun
oleh :
Fitria
Wisnu Wardhani / 01218024
Nandha
Pascal / 01218091
Bramantyo
/01218090
Yusli
Asri Nasir /01218022
Dyah
Ratnamaya/
Tugas
Dosen : Hj.I.G.A. Aju Nitya Darmani,SST,SE,MM
Universitas
Narotama
Jl.
Arif Rahman Hakim No. 51 , Surabaya
Pengertian
Strategi menurut Griffin
(2000) mendenfisikan strategi sebagai rencana komprehensif untuk mencapai
tujuan organisasi. Bagi organisasi bisnis, strategi dimaksud untuk
mempertahakan kelangsungan bisnis perusahaan bisnis dibanding pesaingnya dalam
memenuhi kebutuhan konsumen.
Secara umum sebuah
strategi mempunyai komponen yang di pertimbangkan dalam penyusunan rencana yang
akan di lakukan. Berikut macam komponen strategi :
1
Komptensi
yang berbeda ( Distinctive Compentece)
Adalah sesuatu yang dimiliki oleh
perusahaan dimana perusahaaan melakukan dengan baik dibandikan dengan
perusahaan lain
2. Ruang
Lingkup ( Scop )
Adalah lingkungan organisasi/
perusahaan yang beraktivitas
3. Distribusi
Sumber Daya ( Resourch Deplyoyment )
Adalah bagaimana sebuah perusahaan
memanfaatkan dan mendistribusikan sumber daya yang dimilikinya dalam menerapkan
strategi perusahaan
Jenis- Jenis Strategi
Menurut
Griffin dan Gillbert secara umum strategi dapat di bagi menjadi tiga jenis
dilihat dari tingkatannya :
1. Strategi
pada tingkat perusahaan ( Coorporate Level Strategy )
2. Strategi
pada tingkat bisnis ( Business Level Strategy )
3. Strategi
pada tingkat fungsional ( functioanal level strategy )
Penyusunan Strategi
Perusahaan memerlukan strategi untuk memenangkan
persaingan bisnis yang dijalankan daln untuk mempertahankan kehidupan
perusahaan dalam jangka panjangan.
Proses penyusunan
strategi tediri dari tiga fase :
1.
Penilaian
keperluan penyusunan strategi
Sebelum strategi
disusun perlu diketahui terelebih dahulu apakah penyusunan strategi, baik
strategi baru maupun perubahan strategi perlu dilakukan atau tidak. Salah satu
caranya adalah dengan menilai strategi yang sedang dijalankan baik buruknya
serta hasil yang di peroleh perusahaan dengan menggunkan strategi tersebut.
2.
Analisis Situasi
Pada tahap ini,
perusahan perlu melakukan anaisis mengenai kekuatan dan kelemahan yang dimiliki
oleh organisasi sekaligus juga menganalisis peluang dan tantangan yang dihadapi
oleh organisasi.salah satu pendekatan paling popular dalam fase ini adalah apa
yang dinamakan sebagai analisis SWOT (SWOT analysis).SWOT adalah kependekan
dari Strenght (kekuatan),weakness (kelemahan),Opupurtunities(peluang), dan
Threat(tanda tangan)
3.
Pemlihan Srategi
Setelah perusahaan
melakukan analisis terhadap keadaan internal dan eksternal perusahaan , maka
perusahaan perlu menujukan strategi yang akan di ambil dari berbagai
alternative yag ada. Pada dasarna alternative strategi terbagi ke dalam 3
bagian besar yaitu strategi yang cenderung mengambil rsiko, yaitu strategi yang
menyerang atau agresif (aggressive orffensife strategi), strategi yang
cenderung menghindar resiko yaitu strategi pertahanan (defensive strategi),
serta strategi yang memadukan anara mengambil resiko dan menghindari resiko.
Artinya berada di tengah tengah strtegi ni sering dinamaan sebagai turn araund
strategy.
Proses Manajemen Strategi
Jika penyusunan strategi telah diketahui prinsipnya
secara umum, bagaimana manajemen strategi dilakukan ? setidaknya proses
manajemen strategi dapat di bagi menjadi 2 secara garis besarnya yaitu:
1.
Perencanaan
strategis (strategic planning)
2.
Implementasi
srategi (strategic implementasion)
Perencanaan strategi
Proses ini mencakup dari mulai penentuan tujuan (sebagaimana
yang telah di terangkan dalam bab mengenai prencanaan) hingga penyusunan
strategi sbagaimana yang telah diuraikan pada bagian sebelumnya.
Implementasi strategi
Proses ini mencakup implementasi yang di jalankan
berdasarkan strategy yang dipilih dan juga pengendalian atas implementasi yang
dilakukan .
Tingkatan Strategi
·
Strategi di
Tingkat Korporat
Straegi korporat
adalah strategi yang akan dilakukan perusahn untuk menjawab pertayaan
Strategi
Portofolio
Strategi
portofolio adalah strategi yang dilakukan perusahaan untuk meminimslksn risiko
bisnis yang dijalankannya dengan meakukan investasi di berbagai sector bisnis.
·
Strategi Utama
·
Strategi utama
adalah strategi yang dapat dipilih oleh perusahaan dari bisnis yang sedang
dijalankan dengan maksud untuk meningkatkan pangsa pasar pendapatan atau
peningkatan jumlah cabang dari perusahaan.
·
Strategi Tingkat
Bisnis
Strategi tingkat
bisnis dilakukan dalam rangka mempertahankan kemampuan kompetisi dari
perusahaan dibandingkan para pesaingnya pada bisnis yang sama.dan dilakukan
analisis lingkungan mikro
·
Strategi
Pemosisian
Strategi yang
dapat dilakukan oleh perusahaan untuk memastikan dengan cara bagaimana
perusahaan dapat memperoleh perhatian dari pelanggan atau memenangan
persaingan.
·
Strategi Penyesuaian
Strategi yang
dilakukan perusahaan dengan tujuan untuk memilih strategi yang paling sesuai
ketika perusahaan berhadapan dengan berbagai perubahan yang terjadi
dilingkungan bisnis yang sedang dijalankan
Strategi di tingkat
fungsional seringkali dinamakan sebagai strategi langsung atau direct strategy.
hal ini disebabkan perusahaan cenderung melakukan persaingan pada jenis bisnis
tertentu yeng sedang dijalankan, dan tidak pada tingkat perusahaan maupun
sector bisnis ysng di perdagangkan
Contoh:persaingan
antara shampoo pantene dengan sampo sunsilk .
Tugas Dosen
Nama : Fitria Wisnu Wardhani
NIM : 01218024
Dosen : Hj. I.G. A. Aju Nitya Dharmani, SST, SE, MM
Whatsapp : +6281357784547
Blog dosen : https://ayuraimanagement.blogspot.com/
Blog pribadi : https://mywisnuwardhani.blogspot.com/
Blog Universitas : https://narotama.ac.id/

Komentar
Posting Komentar